Generasi Muda Harus Jadi Entrepreneur

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyebutkan, pihaknya berupaya mengubah mindset masyarakat khususnya generasi muda terkait entrepreneur yang harus menjadi pilihan profesi.

"Menjadi entrepreneur merupakan jalan yang bisa ditempuh generasi muda untuk mencapai kesejahteraan dan kemandirian dalam kehidupan. Makanya kami dorong generasi muda menjadi entrepreneur," kata Puspayoga dalam Talkshow “Indonesia Business Forum” Viva Youth Festival,  di Graha Sanusi Unpad Dipatiukur, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, generasi muda harus memahami entrepreneurship sebagai bidang profesi. Karena itu, pihaknya pun perlu merombak pemikiran dengan menerapkan pendekatan yang memanfaatkan basis teknologi pada gen milenial ini.

"Mindset mahasiswa harus berkembang. Jangan berharap saja jadi karyawan atau pegawai negeri tapi harus jadi entrepreneur. Kesempatan jadi pegawai negeri itu 0,01 persen. Jadi berdayalah sebagai pengusaha muda," ujarnya.

Entrepreneur pun berkaitan erat dengan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan yang cepat terutama kemajuan teknologi informasi. Sehingga entrepreneur muda bisa memiliki  potensi karena memiliki basis yang kuat.

Selain itu, pihaknya pihaknya pun telah menyiapkan berbagai program kewirausahaan untuk mahasiswa. Tak terkecuali Bandung yang terkenal sebagai kota yang memiliki seabreg anak muda kreatif.

"Kami punya Gerakan Mahasiswa Wirausaha. Maret ini sudah mulai. Program ini juga akan dilakukan kerjasama bersama TV lokal di sembilan provinsi di Indonesia. Sehingga diharapkan mahasiswa pengusaha ini bisa berkembang," kata Puspayoga.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia mencatat pada tahun 2014, rasio wirausaha di Indonesia masih 1,55 persen. Namun seiring munculnya kesadaran membangun wirausaha muda, lambat laun peningkatan rasio wirausaha pun mulai membaik yakni pada tahun 2016 menjadi 3,1 persen.

"Saya yakin tahun 2019 Indonesia bisa 5 persen. Dan kalau ini bisa berjalan dengan baik maka pemerataan ekonomi bisa tercapai. Karena para wirausaha muda ini bisa membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain dan mampu mengurangi kesenjangan ekonomi," ujarnya. Sumber: https://www.ayobandung.com/read/2018/02/21/29030/generasi-muda-harus-jadi-entrepreneur

0 Response to "Generasi Muda Harus Jadi Entrepreneur"

Posting Komentar